Wednesday, November 26, 2014

TUGAS 2


     Bagaimana antisipasi Indonesia (generasi muda) menyikapi produk-produk asing?

Pada awal tahun 2000,  banyak produk-produk luar negeri yang masuk ke pasar Indonesia, baik impor secara legal maupun ilegal. Hal ini perlu di perhatikan agar tidak menyaingi produk dari  para produsen-produsen dalam negeri. Kita harus menjamin produsen dalam negeri dapat bersaing di pasar secara sehat dan baik. Masalah utama yang pasti di hadapi oleh produsen dalam negeri adalah masuknya barang asing yang lebih murah harganya namun kaulitasnya hampir sama dengan produk dalam negeri. Produk ini biasanya masuk dari Cina yang sekarang menguasai pasaran karena menang di pemasaran dengan harga relatif murah. Tentu saja masyarakat lebih memilih harga yang murah apalagi dengan kualitas yang hampir sama.
Menurut saya Indonesia atau pun sebagai generasi muda harus menyikapi dampak-dampak negatif dari masuknya produk-produk asing yang masuk ke Indonesia ini, yaitu dengan cara :
  • Menetapkan pajak barang atau bea cukai yang tinggi kepada produk yang masuk ke Indonesia
  • Membatasi jumlah kuota masuknya produk luar ke Indonesia
  • Pemberlakuan sertifikat mutu produk, sehingga barang yang masuk harus teruji kualitas dan keamanannya
  • Adanya undang-undang yang mengatur keluar masuknya barang baik ekspor maupun impor
  • Sebagai generasi muda lebih menghargai produk-produk dalam negeri
  •  Memperbaiki mutu dan kualitas produk agar tidak kalah saing dengan produk luar
  • Menciptakan inovasi-inovasi baru akan produk dalam negeri agar masyarakat lebih tertarik dengan produk sendiri
  • Menanamkan rasa cinta terhadap budaya dalam negeri adalah hal terpenting, dengan mencintai budaya sendiri pasti akan lebih menghargai produk dalam negeri

Thursday, October 16, 2014

TUGAS 1


Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. IX. No. 2 – Tahun 2011, Hlm. 32 - 39

Analisis Hubungan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan
Pada Perusahaan Jasa (Studi Kasus Perusahaan Jasa di D.I.Yogyakarta)
Oleh
Adeng Pustikaningsih

Dalam Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. IX. No. 2 – Tahun 2011, Hlm. 32 – 39, dengan judul Analisis Hubungan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Jasa (Studi Kasus Perusahaan Jasa di D.I.Yogyakarta) dibuat oleh Adeng Pustikaningsih  yang telah saya baca. Jurnal ini memberikan informasi mengenai CSR yang  dilihat dari perspektif internal dan eksternal serta manajemen pemangku kepentingan, kegiatan CSR telah mempengaruhi stakeholder dalam perusahaan. Jika dilihat dari segi internal, kegiatan CSR perusahaan diharapkan dapat memotivasi para karyawan dan menunjukkan praktek manajemen yang baik, sedangkan dilihat dari segi eksternal kegiatan CSR perusahaan diharapkan mendapatkan reputasi yang baik di masyarakat dan membantu perusahaan untuk mengelola fungsi nya dengan baik. 
Jurnal ini menunjukkan kegunaan lain dari aktivitas CSR salah satunya yang tertulis yaitu membuat permintaan atas produk yang bertanggung jawab secara sosial dan ramah lingkungan dan jasa diantara konsumen dalam masyarakat dengan melakukan edukasi. Isi jurnal membahas pula tentang penelitian Sen dan Bhattacharya hipotesis yang diajukan adalah “terdapat hubungan yang positif antara karakteristik CSR dengan karakteristik kinerja keuangan”. Metode penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software AMOs versi 16. Dalam jurnal ini dicantumkan juga pengukuran variable penelitian, responden dan pengumpulan data, model penelitian serta hasil penelitian.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa CSR berhubungan dengan Kinerja Keuangan, sehingga hipotesis terbukti bahwa terdapat hubungan yang positif antara karakteristik CSR dengan karakteristik kinerja keuangan. Demikian analisis jurnal CSR yang saya buat. Terima kasih